Gejala Dan Tanda Menopause

Gejala Dan Tanda Menopause – Saat ini masalah menopause wanita merupakan salah satu masalah mendapatkan perhatian khusus. Yang perlu Anda ketahui menopause bukan merupakan salah satu kejadian yang terjadi dengan mendadak dan tiba-tiba, namun menopause terjadi selama bertahun-tahun dan membutuhkan proses yang lama. Menopause juga merupakan suatu hal yang wajar bagi seorang wanita. Biasanya menopause terjadi kepada wanita yang berusia antara 48-52 tahun .

Gejala Dan Tanda Menopause

Gejala Dan Tanda Menopause

Lalu apakah menopause itu? Menopause merupakan masa dimana wanita berhenti mengalami menstruasi atau mati haid. Proses untuk menuju menopause ditandai dengan gejala dan tanda menopause sendiri terjadi ditandai dengan fungsi dari indung telur yang mengalami penurunan untuk memproduksi hormon.

Selain itu gejala dan tanda yang disebabkan karena menopause adalah perubahan suatu siklus haid bulanan, jumlah dan juga lamanya haid Anda. Hot flash yang terjadi pada sekitar leher dan juga wajah Anda. Biasanya hal ini terjadi hanya sementara saja, terjadi disaat darah mengalami pengurangan dan berlangsung hingga haid benar-benar berhenti. Biasanya hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan melakukan olahraga secara teratur.

Gejala dan tanda menopause juga ditandai dengan berkeringat yang terjadi di wakyu malam, terdapatnya kerutan pada daerah sekitar vagina, dan juga kerutan yang trjadi di kulit. Konstipasi atau sembelit merupakan salah satu gejala dari menopause datang.

Kebanyakan wanita takut akan masa menopause ini, disebabkan karena merasa sudah tua. Padahal jika Anda mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan melakukan olahraga dengan teratur serta menerapkan pola hidup yang sehat maka Anda akan awet muda. Tidak dibarengi dengan mengonsumsi alkohol dan memakai rokok.

Nutrisi yang Anda perlukan untuk menunda terjadinya Gejala Dan Tanda Menopause adalah makanan yang sehat. Makanan yang sehat juga perlu memperhatikan tiga hal berikut ini, yakni kuantitas, kualitas, dan juga berbagai keragaman dari jenis keragaman jenis makanan. Jumlah asupan makan Anda harus yang bernutrisi, hal ini ditujukan agar lebih seimbang kecukupan gizi yang Anda perlukan untuk tubuh Anda.

Anda harus mengetahui gejala menopause sejak dini. Karena saat ini banyak wanita yang mengalami menopause dini. Biasanya hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor pemici. Beberapa hal yang menjadi penyebab menopauses dini adalah karena terlalu keras pada tekanan kerja dan stres.

Dibawah ini beberapa gejala menopause pada wanita adalah :

Gejala Dan Tanda Menopause

Gejala Dan Tanda Menopause

  1. Vagina kering
    Dalam keadaan yang normal, maka biasanya vagina akan dilumasi dengan baik di siklus hormonal. Namun jika vagina menjadi kering dalam rentang waktu yang lama, maka hal ini merupakan salah satu gejala dari menopause dini.
  2. Sensasi panas terbakar
    Gejala yang paling umum dari gejala menopause dini adalah terjadinya perubaha suasana di hari mereka. Biasanya mereka yang mengalami masa perimenopause akan menjadi lebih mudah marah, sedih dan juga melankolis. Mereka juga akan merasa lebih terteka dan bahkan mempunyai pikiran untuk bunuh diri karena stres atau depresi.
  3. Pola tidur yang mengalami perubahan
    Biasanya beberapa wanita yang mengalami gejala menopause akan tidak bisa tidur nyenyak akibat dari depresi atau juga terjadinya gejolak pada hormon. Perubahan dari pola tidur ini akan mempengaruhi suasana hati mereka, dan selain itu juga bisa menyebabkan produktivitas kerja dan hubungan pribadi menjadi terganggu.
  4. Gairah seks menurun
    Dorongan seksual di usia 20-30 tahun biasanya mengalami puncak. Namun, jika Anda sudah mulai menghindari untuk melakukan hubungan seksual dan mulai mencari alasan serta mengalihkan perhatian pasangan Anda, maka sebaiknya lakkan pemeriksaan kadar hormon. Karena ditakutkan ini merupakan salah satu gejala dan tanda menopause.

Menopause memang merupakan suatu hal yang ditakutkan oleh banyak wanita. Karena ini artinya adalah mereka sudah memasuki usia tua dan kebanyakan dari mereka ada yang masih belum bisa menerima dengan lebih ikhlas. Menopause akan terjadi pada semua wanita, namun ada beberapa pemicu menopause yang masih bisa dikendalikan. Dan selain itu, cara mencegah terjadinya menopause dini atau mengurangi terjadinya gejala menopause pada wanita adalah dengan mengonsumsi banyak kedelai.

Cara ini merupakan cara alami untuk mengatasi gejala menopause. Dan kedelai dipercaya sudah sejak lama bisa membantu mengatasi menopause dini. Secara tidak langsung dari kedelai ini adalah, dengan kadar estrogen yang cukup di dalam tubuh akan bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh . Dan manfaat dari kedelai salah satunya adalah untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi dan bisa mencegah dari terjadinya penyakit osteoporosis pada wanita. Namun untuk mereka yang mengidap penyakit kanker payudara atau juga penyakit kelainan tiroid harus dihindari konsumsi susu kedelai atau olahan lainnya.

Itulah informasi mengenai gejala dan tanda menopause pada wanita, semoga bermanfaat untuk Anda semua, dan juga tetap menjaga kesehatan kalian.

 


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Menopause and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *