Kenali Gejala Menopause

Kenali Gejala MenopauseMenopause wanita adalah perubahan yang normal terjadi pada kehidupan seorang wanita ketika periode menstruasinya berhenti. Seorang wanita sudah mencapai menopause apabila dia tidak mendapatkan menstruasi selama 12 bulan secara berurutan, dan tidak ada penyebab lain untuk perubahan yang terjadi. Selama menopause, yang umumnya terjadi pada usia 45 – 55 tahun, tubuh seorang wanita secara perlahan mengurangi produksi hormon estrogen dan progesterone sehingga terjadilah berbagai gejala.

Kenali Gejala Menopause

Kenali Gejala Menopause

Kenali Gejala menopause dan cara menanganinya adalah :

1. Hot flashes
Hot flashes umum terjadi pada wanita menopause, berlangsung selama 30 detik sampai beberapa menit, dan kadang diikuti dengan berkeringat terutama malam hari. Lingkungan panas, makan makanan atau minuman panas atau makanan pedas, alkohol, kafein, dan stress dapat menyebabkan terjadinya hot flashes. Modifikasi gaya hidup, olahraga teratur, dan meredakan kecemasan dapat menurunkan gejala ini. Hubungi dokter bila memerlukan obat-obat antidepresi atau terapi hormonal.

2. Kekeringan pada vagina
Gejala pada vagina dikarenakan vagina yang menjadi lebih tipis, lebih kering, dan kurang elastik berkaitan dengan turunnya kadar hormon estrogen. Gejalanya adalah kering dan gatal pada vagina atau iritasi dan atau nyeri saat bersenggama. Dapat menggunakan pelumas vagina yang dijual bebas atau krim pengganti estrogen yang digunakan dengan mengusapkannya pada vagina. Apabila terjadi perdarahan setelah menggunakan krim estrogen segera pergi ke dokter

3. Gangguan tidur
Lakukan latihan fisik sekitar 30 menit per hari tapi hindari berolahraga dekat dengan waktu tidur. Hindari alkohol, kafein, makan dalam jumlah besar, dan bekerja tepat sebelum waktu tidur. Usahakan suhu kamar tidur tidak terlalu panas. Hindari tidur siang dan coba untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Dapat dilakukan latihan relaksasi seperti meditasi sebelum tidur

4. Gangguan daya ingat
Tidur dalam jumlah yang cukup dan usahakan tetap aktif selalu

5. Perubahan mood
Tidur dalam jumlah yang cukup dan usahakan aktif selalu

6. Penurunan keinginan berhubungan seksual
Pada beberapa kasus penyebabnya adalah faktor emosi. Selain itu, penurunan kadar estrogen menyebabkan kekeringan pada vagina sehingga berhubungan seksual menjadi tidak nyaman dan sakit. Konsumsi hormon androgen dapat meningkatkan gairah seksual dan pemakaian pelumas dapat mengurangi nyeri. Beberapa wanita mengalami perubahan gairah seksual akibat rasa rendah diri karena perubahan pada tubuhnya. Grup konseling dapat membantu

7. Gangguan berkemih
Kadar estrogen yang rendah menyebabkan penipisan jaringan kandung kemih dan saluran kemih yang berakibat penurunan kontrol dari kandung kemih atau mudahnya terjadinya kebocoran air seni (apabila batuk, bersin, atau tertawa) akibat lemahnya otot di sekitar kandung kemih. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Kenali gejala menopause dan Anda bisa mengatasinya dan mengurangi gejalanya dengan baik. Menopause dalam keadaan normal terjadi di usia 50 tahun. Namun, pada beberapa wanita ada yang mengalami gejala menopause dini. Akibat yang terjadi dari gejala menopause dini adalah wanita belum siap untuk menghadapi masa peralihan yang cepat ini. Dan biasanya akan menyebabkan terjadinya ketegangan mental atau stres dan selalu cemas apalagi untuk wanita yang masih produktif. Selain itu, gejala menopause dini bisa membuat wanita menjadi lebih cepat marah, juring-uringan, merasa khawatir, dan merasa kehilangan kecantikan fisiknya setelah masa menopause tiba. Namun untuk sebagian wanita juga sudah ada yang mulai menerima dan siap untuk menghadapi masa menopause tanpa adanya suatu beban walaupun usia mereka terbilang masih muda.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk kenali gejala menopause dan mengatasi gejala menopause yang dialami yakni adalah :

  1. Jangan makan makanan yang instan dan cepat saji. Karena makanan yang instan tidak mengandung kandungan nutrisi serta gizi yang seimbang. Selain itu, kandungan kolesterol yang tinggi di dalam makanan ini bisa membuat kebugaran menurun.
  2. Pola makan yang seimbang
    Terapkanlah pola makan dan pola hidup yang seimbang. Deengan makan makanan yang bergizi seimbang, serta tidak merokok, dan jagan minum-minuman yang mengandung alkohol dan juga mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
  3. Olahraga yang teratur
    Melakukan olahraga dengan teratur akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih segar, selain itu manfaat dari olahraga adalah untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah, membantu menguatkan tulang dan juga untuk membantu mengendalikan produksi hormon. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan apa yang Anda sukai dan jangan melakukan olahraga yang terlalu berat namun mempunyai manfaat, misalnya adalah melakukan senam, jogging atau lari pagi dan hal lainnya.
  4. Konsumsi buah dan sayur
    Buah dan sayur mengandung kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk membantu mengatasi masalah menopause.

Kenali gejala menopause pada wanita sejak dini, karena dengan cara ini maka kita bisa mengetahui bagaimana langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan meredakan gejala menopause. Salah satu produk herbal yang bisa membantu mengurangi gejala menopause adalah Menoherbs rekomendasi langsung Dr. Boyke Dian Nugraha (pakar Reproduksi).

Kenali Gejala Menopause


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Menopause. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *