Tanda dan Gejala Menopause Wanita

Tanda dan Gejala Menopause Wanita  РMenopause yang terjadi pada wanita merupakan fase kehidupan seorang wanita terjadi secara normal dan pastinya semua wanita akan mengalami dan menjalani masa menopause yang merupakan bagian akhir dari masa reproduktivitas dan proses penuaan.

Sebelum menjelang masa menopause seorang wanita akan mengalami masa perimenopause yakni suatu masa dimana terjadi Tanda dan Gejala Menopause Wanita  ketidak-teraturan siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang tidak teratur pada wanita perimenopause dimulai sekitar usia 40 tahun dan dapat berlangsung singkat maupun panjang tergantung dari keadaan masing-masing wanita itu sendiri. Darah haid yang keluar menjadi lebih sedikit atau siklusnya menjadi lebih panjang, lebih oendek atau tidak beraturan sama sekali dan terkadang disertai raa nyeri haid.

Tanda dan Gejala Menopause Wanita

Tanda dan Gejala Menopause Wanita

Secara medis, wanita yang mengalami Tanda dan Gejala Menopause Wanita akan mengalami penurunan fungsi hormon yang sangat penting dalam kehidupan wanita, yakni estrogen dan progesteron. Hormon estrogen seringkali menyebabkan ketidakseimbangan hormonal.

Berikut ini tabel keluhan klimaterik yang sering dialami oleh wanita menopause keterkaitan perubahan mood atau suasana hati yang merupakan gejala atau tanda umum dari wanita menopause

Dibawah ini beberapa tanda dan gejala menopause wanita adalah :

  1. Menstruasi yang tidak lancar
    Salah satu gejala menopause adalah siklus haid yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena ovulasi yang menjadi lebih menentu, dan interval diantara periode menstruasi dan bisa lebih lama atau bahkan lebih pendek, dan mungkin saja Anda melewatkan beberapa periode menstruasi. Masa sebelum menopause atau perimenopause biasanya didefinisikan sebagai salah satu perubahan yang panjang pada siklus haid Anda, dan terjadi lebih dari 7 hari. Perimenopause akhir biasanya ditandai dengan tanda dan gejala menopause wanita dengan satu aatu lebih periode menstruasi dan juga selang waktunya 60 hari atau juga lebih masa menstruasi.
  2. Susah tidur
    Pada wanita yang mengalami masa perimenopause biasanya sekitar 65-75 persen wanita mengalami gangguan susah tidur. Intensitas dari durasi tidur dan frekuensi yang bervariasi. Dan masalah susah tidur biasanya sering ditambah dengan tanda dan gejala menopause wanita berkeringat di malam hari, namun kadang waktu tidur juga menjadi tidak menentu.
  3. Perubahan suasana hati
    Perubahan yang terjadi pada suasana hati sering membuat wanita menjadi lebih cepat marah dan juga terjadinya resiko peningkatan pada depresi. Namun penyebab dari tanda dan gejala menopause dini pada wanita mungkin saja bisa disebabkan oleh gangguan susah tidur juga. Perubahan pada suasana hati juga bisa disebabkan karena faktor yang tidak berhubungan dengan perubahan pada hormon di masa perimenopause.
  4. Vagina kering dan infeksi saluran kemih
    Karena penurunan pada hormon estrogen, maka hal ini membuat vagina mengalami kehilangan cairan dan elastisitasnya menjadi berkurang sehingga saat melakukan hubungan seksual menjadi sangat sakit. Tingkat dari estrogen yang rendah bisa juga membuat Anda menjadi lebih rentan terkena infeksi saluran kemih dan juga vagina. Kehilangan tonus pada jaringan yang bisa menyebabkan terjadinya inkontinensia.
  5. Kesuburan menurun
    Penurunan pada kesuburan wanita terjadi akibat dari ovulasi yang tidak teratur, sehingga kemampuan untuk bisa hamil lagi tidak bisa didapat. Namun, selama Anda masih mengalami haid, maka kehamilan masih bisa terjadi. Dan jika Anda ingin menghindari kehamilan di usia yang memasuki 40 tahun ke atas maka caranya adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi saat akan melakukan hubungan seksual.
  6. Gairah seksual menurun
    Tanda dan gejala menopause wanita adalah gairah seksual yang mengalami perubahan. Namun untuk sebagian besar wanita biasanya mereka mempunyai tingkat keintiman seksual yang bisa menjadi sangat memuaskan disaat sebelum mengalami menopause, dan hal ini akan terus melalui terjadinya perimenopause.
  7. Nutrisi dalam tulang menurun
    Tingkat estrogen yang ada di dalam tubuh mengalami penurunan dan bisa menyebabkan nutrisi hilang di dalam tulang dan menyebabkan resiko untuk mengalami osteoporosis semakin besar.
  8. Mengubah kadar kolesterol dalam darah
    Hormon estrogen yang mengalami penurnan bisa membuat perubahan yang sangat tidak menguntungkan untuk tingkat kolesterol di dalam darah. Dan termasuk salah satunya adalah peningkatan pada low density lipoprotein atau LDL atau juga kolesterol jahat yang bisa mengalami kontribusi pada peningkatan resiko terjadinya penyakit jantung.

Cara mencegah tanda dan gejala menopause wanita adalah dengan mengonsumsi roti gandum dan juga jenis karbohidrat lain sebelum Anda tidur. Makan makanan yang mengandung omega-3 misalnya adalah ikan tuna dan salmon. Selain itu, makanlah buah cherry sebelum Anda tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, karena salah satu tanda dan gejala menopause wanita adalah susah tidur atau insomnia. Dengan melakukan pola hidup yang baik maka bisa membantu mengatasi gejala menopause secara alami.

Tanda dan Gejala Menopause Wanita


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Menopause. Bookmark the permalink.

One Response to Tanda dan Gejala Menopause Wanita

  1. wanti says:

    bisakan saya bertanya tentang keluhan saya di forum ini?

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *